Cara Mengobati Penyakit Dengan Jeruk Nipis

Posted by

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengobati Ambeien, Panas Demam, Amandel, Batuk dan Gangguan Perut (Mulas)


Cara Mengobati Ambeien Dengan Jeruk Nipis

Berbeda dengan ramuan untuk obat sakit yang lain, untuk mengobati sakit ambeien yang dimanfaatkan bukanlah buah jeruk nipisnya, tetapi akar dari tanaman jeruk nipis. Sekitar 3 – 4 potong akar tanaman jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, direbus dengan 1 liter air biasa sampai tersisa separuhnya. Air rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum secara rutin satu hari sekali setiap sore.

Cara Pengobatan Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Mengobati sakit panas

Untuk mengobati sakit panas, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuatnya, 4 siung bawang merah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan perasan jeruk nipis, ditambah dengan minyak kayu putih dan minyak kelapa secukupnya. Ramuan yang telah dibuat digunakan untuk kompres pada dahi orang yang sakit panas.

Cara Mengatasi dan Mengobati Amandel Dengan Jeruk Nipis

Untuk mengobati sakit amandel, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit dan 2 sendok makan madu. Cara membuatnya, rimpang kunyit diparut dan hasil parutannya diperas untuk diambil sarinya. Kemudian hasil perasan kunyit tersebut dicampur dengan sari jeruk nipis yang diperas dan tambahkan 2 sendok makan madu yang telah disiapkan. Bahan-bahan yang sudah dicampur kemudian diaduk sampai merata dan ditambah setengah gelas air untuk membuatnya lebih encer. Jika sudah selesai, ramuan yang telah dibuat kemudian disaring dan bisa langsung diminum. Untuk mengobati amandel, ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin 2 hari sekali.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Batuk

Untuk mengobati sakit batuk, jeruk nipis bisa digunakan sebagai ramuan yang dikonsumsi secara langsung, atau juga sebagai ramuan oles yang penggunaannya seperti balsem. Untuk membuat ramuan yang dikonsumsi, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil sarinya, kemudian hasil perasannya dicampur dengan 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Ramuan yang sudah dibuat, bisa diminum sehari sekali secara rutin sampai batuk sembuh.

Cara pemanfaatan lain jeruk nipis untuk obat batuk, adalah dengan membuatnya menjadi ramuan oles. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang jahe dan 1 sendok minyak kayu putih. Cara membuatnya, jeruk nipis dibakar terlebih dahulu, kemudian dibelah menjadi 4 bagian. 2 rimpang jahe yang sudah disiapkan, diparut dan dicampur dengan 1 sendok makan minyak kayu putih, masukan jeruk nipis yang sudah dibakar dan dibelah, aduk sampai merata. Cara penggunaannya, ramuan yang sudah dibuat dioleskan pada dada dan punggung setiap selesai mandi pagi dan sore. Bisa dilakukan secara rutin sampai batuk sembuh.

Cara Mengatasi Gangguan Perut Menggunakan Jeruk Nipis

Untuk mengobati gangguan perut yang mulas, bahan-bahan yang dibutuhkan 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit. Kunyit diparut terlebih dahulu, kemudian diperas untuk diambil sarinya dan dicampur dengan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan yang sudah dicampur ini diberi setengah gelas air hangat dan aduk sampai merata. Setelah dicampur dengan air, ramuan kemudian disaring. Lakukan hal yang sama untuk membuatnya dan meminumnya dua hari sekali setiap pagi dan sore. Diminum secara rutin sampai perut mulasnya sembuh.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




1001 Cara dan Tips Updated at: 04:58