Sejarah dan Spesifikasi Mobil Balap Formula 1

Posted by Admin

loading...
Team-team Besar dan Hebat Yang Berlaga di Ajang Balap Formula 1, Memiliki Andalan dan Keunggulan Mesin Masing-masing 

Formula 1, sejarah, sirkuit, spesifikasi mesin tim-tim yang bertanding, kecepatan maksimal mobil balap f1, mobil balap F1 tercepat didunia, keunggulan mobil F1, sirkuit FI tersulit, sirkuit F1 yang tajam tikungannya, sirkuit F1 tercanggih, dana milyaran bisnis balap F1, juara F1 dari tahun ke tahun, juara F1 terbanyak, langganan juara F1, nama-nama pembalap F1


  Sumber: i.dailymail.co.uk
Formula 1 adalah satu perangkat aturan teknis untuk balap mobil kursi tunggal (single seater) yang diumumkan oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA), lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas segala jenis olahraga otomotif. Aturan tersebut dibuat tahunan serta menjelaskan secara rinci ukuran maksimal dan minimal kapasitas mesin, aturan teknis, dan aturan keselamatan pembalap serta penonton. Mobil yang dibangun dengan aturan ini disebut dengan mobil Formula 1 dan perlombaan yang menggunakan mobil tersebut dinamakan balap mobil Formula 1. Selain itu ada spesifikasi kelas lainnya dari FIA, seperti F-3 dan F-3000. Namun Formula 1 adalah tingkat kompetisi tertinggi di Indonesia.
Formula Satu, disingkat F1, adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Wikipedia
Setiap pembalap yang ikut ambil bagian dalam kompetisi Formula 1, baik sebagai pembalap utama maupun cadangan wajib memiliki super license, sebuah tanda masuk bagi calon pembalap Formula 1 yang dikeluarkan FIA. Untuk mendapatkannya seorang calon pembalap diharuskan mengendarai mobil Formula 1 sepanjang 300 km dan disaksikan oleh wakil dari FIA.

Teknologi mesin balap semakin meningkat. Dimulai Prof. Ferdinand Porsche, kepala desainer Auto Union, yang menciptakan mesin 4400 cc bertenaga 295 dk. Mercedes ikut bereaksi dengan mesin 4700 cc yang berkemampuan 470 dk. Auto Union menambah kapasitas mesinnya menjadi 6000 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 520 dk. Puncaknya pada 1937 ketika Mercedes merilis W125. kapasitas mesin 8 silinder ini mencapai 5600 cc dan menghasilkan tenaga 580 dk. Supercharger sebagai komponen pendongkrak tenaga sudah lazim dipakai. Kelanjutan balapan ini sempat terhenti saat masa perang dunia I dan II. Baru pada 13 Mei 1950 balap F1 resmi digelar di sirkuit Silverstone, Inggris. Kompetisi dibuka Raja George VI dan Putri Elizabeth. Dilomba ini pula istilah Grand Prix diperkenalkan.

Beberapa Sirkuit Arena Balap F1 Yang Indah Penampakannya

1. Circuit de Monaco-Monte Carlo, Monaco


Sirkuit yang berada di sebuah negara kecil ini terbilang indah karena selain ajang balap digelar di jalan raya, sekeliling sirkuit penonton plus pembalap akan disuguhi pemandangan laut indah. Sirkuit ini kali pertama dipakai pada 1929 lalu saat Grover Williams keluar sebagai juara kali pertama saat mengemudikan Bugatti.

2. Autodromo di Monza – Monza, Italia


Sirkuit ini berada di sebelah utara Milan. Kota ini sangat indah dan menyimpan banyak sejarah duna. Pengunjung sebelum menyaksikan balapan, bisa menikmati bangunan-bangunan tua di sana. Maklum, dulunya Monza merupakan salah satu kota tersibuk dengan banyaknya berdiri perbankan di abad pertengahan. Selain itu, pengunjung juga bisa berbelanja, mengingat Monza juga terkenal dengan produk fashionya.

3. Circuit Gilles-Villeneuve – Montreal, Kanada





  Sumber: upload.wikimedia.org

Berikut daftar juara dunia Formula 1 setelah pebalap Jerman Nico Rosberg merebut gelar juara dunia 2016 pada balapan penutup musim Grand Prix Abu Dhabi, Minggu, mengutip laporan Reuters:

2016 - Nico Rosberg (Jerman) Mercedes
2015 - Lewis Hamilton (Britania) Mercedes
2014 - Hamilton, Mercedes
2013 - Sebastian Vettel (Jerman) Red Bull
2012 - Vettel, Red Bull
2011 - Vettel, Red Bull
2010 - Vettel, Red Bull
2009 - Jenson Button (Britania) Brawn
2008 - Hamilton, McLaren
2007 - Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari
2006 - Fernando Alonso (Spanyol) Renault
2005 - Alonso, Renault
2004 - Michael Schumacher (Jerman) Ferrari
2003 - Schumacher, Ferrari
2002 - Schumacher, Ferrari
2001 - Schumacher, Ferrari
2000 - Schumacher, Ferrari
1999 - Mika Hakkinen (Finlandia) McLaren
1998 - Hakkinen, McLaren
1997 - Jacques Villeneuve (Kanada) Williams
1996 - Damon Hill (Britania) Williams
1995 - Schumacher, Benetton
1994 - Schumacher, Benetton
1993 - Alain Prost (Prancis) Williams
1992 - Nigel Mansell (Britania) Williams
1991 - Ayrton Senna (Brazil) McLaren
1990 - Senna, McLaren
1989 - Prost, McLaren
1988 - Senna, McLaren
1987 - Nelson Piquet (Brazil) Williams
1986 - Prost, McLaren
1985 - Prost, McLaren
1984 - Niki Lauda (Austria) McLaren
1983 - Piquet, Brabham
1982 - Keke Rosberg (Finlandia) Williams
1981 - Piquet, Brabham
1980 - Alan Jones (Australia) Williams
1979 - Jody Scheckter (Afrika Selatan) Ferrari
1978 - Mario Andretti (AS) Lotus
1977 - Lauda, Ferrari
1976 - James Hunt (Britania) McLaren
1975 - Lauda, Ferrari
1974 - Emerson Fittipaldi (Brazil) McLaren
1973 - Jackie Stewart (Britania) Tyrrell
1972 - Fittipaldi, Lotus
1971 - Stewart, Tyrrell
1970 - Jochen Rindt (Austria) Lotus
1969 - Stewart, Matra
1968 - Graham Hill (Britania) Lotus
1967 - Denny Hulme (Selandia Baru) Brabham
1966 - Jack Brabham (Australia) Brabham
1965 - Jim Clark (Britania) Lotus
1964 - John Surtees (Britania) Ferrari
1963 - Clark, Lotus
1962 - Hill, BRM
1961 - Phil Hill (AS) Ferrari
1960 - Brabham, Cooper
1959 - Brabham, Cooper
1958 - Mike Hawthorn (Britania) Ferrari
1957 - Juan Manuel Fangio (Argentina) Maserati
1956 - Fangio, Lancia/Ferrari
1955 - Fangio, Mercedes
1954 - Fangio, Mercedes/Maserati
1953 - Alberto Ascari (Italy) Ferrari
1952 - Ascari, Ferrari
1951 - Fangio, Alfa Romeo
1950 - Giuseppe Farina (Italia) Alfa Romeo

Jumlah juara:

7 - Schumacher
5 - Fangio
4 - Prost, Vettel
3 - Brabham, Stewart, Lauda, Piquet, Senna, Hamilton
2 - Ascari, Graham Hill, Clark, Fittipaldi, Hakkinen, Alonso.
Sejarah Balapan Formula 1. Balapan pertama diikuti 105 peserta dengan kendaraan single seater dengan penggerak roda depan. Meskipun dilengkapi supercharger, mobil masih sulit dikendalikan di trek. Pembalap legendaris yang muncul adalah Juan Manuel Fangio. Ia menjuarai beberapa kejuaraan memakai Alfa Romeo, Mercedes, Ferrari dan Maserati. Pada tahun ini pula Ferrari sebagai pabrikan asal Italia, menorehkan sejarah. Pembalap Ascari, Fangio dan Hawthorn berhasil menarik perhatian publik dengan menjuarai beberapa GP di rentang 1952-1958.

Perubahan mulai muncul di era 1954-an. Salah satunya pergantian gerak roda belakang. Perubahan ini juga membuat keuntungan di titik gravitasi yang lebih rendah. Konsekuensinya posisi pengemudi menjadi lebih rebah. Sasis monokok diperkenalkan Colin Champman pada 1963 di mobil 25/33. kendaraan ini pula yang sempat mendominasi beberapa lomba dengan pembalap Jim Clark.

Seperti era sebelumnya, pada dekade 1970-an ditandai dengan kemajuan revolusioner teknologi balap. Setidaknya tercatat 3 inovasi baru dibidang ini. Yaitu revolusi aerodinamika, peranti turbo dan siluet chassis. Peran aerodinamika mulai mendapat perhatian dimusim 1968. Peran mesin menuntun kemampuan bentuk sasis yang prima. Ketika itu Ferrari mempelopori pemakaian sayap (wing) dimobil 312 pacuannya. Hal ini merupakan perubahan signifikan karena sebelumnya seluruh mobil F1 berbentuk seperti cerutu.

Dengan revolusi aerodinamika ini, daya tekan mobil ke aspal bertambah meskipun bergerak pada kecepatan tinggi dan berada di tikungan. Ditambah bagian bawah chassis yang dibentuk sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara lebih lancar. Pada dekade ini Jackie Stewart dan Niki Lauda muncul sebagai penguasa. Keduanya berhasil menjadikan balap F1 makin digemari penduduk dunia. Terbukti pihak sponsor berlomba lomba untuk berpromosi di ajang tersebut.

Melangkah ke tahun 1980-an, teknologi mesin turbo makin berkembang. Jika pada 1977 Renault mampu mencapai tenaga sebesar 500 dk, mesin satria 4 silinder tahun 1985 mampu menghasilkan 5000 dk. Dengan ini pula NARIMO menjadi juara dunia 1985 dengan Brabham BT54. Kecelakaan yang menewaskan Gilles Villeneuve pada 1982 menandai bahayanya sebuah balapan F1.

Tuntutan fisik dan mental yang prima adalah hal yang tak bisa ditawar tawar lagi. Pembalap professional harus lebih disiplin. Keadaan tersebut tidak membuat nyali pembalap ciut. Terbukti di era 1980-an ini muncul legenda baru Ayrton Senna. Pembalap Brasil ini kemudian menjadi simbol kebangkitan pembalap F1 Modern. Sayangnya, sebuah kecelakaan fatal telah merenggut nyawanya di tikungan Tamburello, Imola pada 1994.

Balap F1 semakin populer, dunia menjadikan kejuaraan ini sebagai simbol balap mobil dunia. Para pembalap menjadi tokoh selebriti dunia dan memiliki jutaan fans. Michael Paimo Sex layak dijadikan simbol erdunia, lahan balap ini menjadi perhatian sentral. Kegiatan ekonomi dan keuangan banyak terlibat di dalamnya. Munculnya tim-tim papan atas yang kuat dapat dijadikan indikator.

Pada milenium ketiga, teknologi balap melangkah lebih jauh. Aerodinamika mendapat banyak perhatian. Namun yang utama penggunaan komponen komponen elektronik makin berperan vital. Termasuk dengan cara mengadopsi teknologi luar bumi.
Lalu apa lagi yang baru di Balap Formula 1 tahun 2017? F1 sudah bukan dipegang oleh sang bos Bernie Ecclestone. Kini pengelola komersial balapan ini dipegang pihak Liberty Media.

Catatan Waktu
Dengan perubahan di bagian sasis kendaraan dan ban, terjadi juga perubahan di sektor aerodinamika yang menjadi semakin meningkat. Akibatnya, mobil-mobil yang melaju, catatan waktunya menjadi semakin cepat. Contoh nyata terjadi dalam uji coba prakompetisi di Barcelona, Spanyol. Dimana perolehan waktu tercepat untuk satu putarannya, lebih cepat dari perolehan waktu tercepat di musim-musim sebelumnya sejak tahun 2007.
Kecepatan waktu itu didapat saat mobil balap melahap tikungan. Dengan bentuk mobil yang lebih datar, semakin mendatangkan downforce dan cengkeraman kendaraan. Kondisi ini membuat pembalap mendapat daya tekan (G-force) yang berlebih. Kemudian kecepatan di lintasan lurus akan semakin berkurang, namun pembalap dapat mempertahankan tarikan mobil mereka lebih panjang.
“Sungguh luar biasa, saya seperti anak kecil sedang main roller-coaster saat melewati tikungan. Mengemudi jadi semakin baik dari sebelumnya,” puji juara dunia tiga kali F1 dari tim Mercedes, Lewis Hamilton terkait perubahan bentuk kendaraan musim ini.

Ban
Ban yang semakin gemuk, karena ukurannya diperbesar dari 325 mm menjadi 405 mm untuk bagian belakangnya. Ban di bagian depan, dari 245 mm menjadi 305 mm, namun ukuran rodanya tak mengalami perubahan.
Pabrikan ban Pirelli yang memasok untuk balapan F1 meyakini, perubahan ukuran tersebut membuat kendaraan bakal memiliki daya cengkeram (grip) yang bertambah hingga 25%.
Selain mendatangkan grip, ban menjadi lebih awet tak cepat menipis. Itu artinya pembalap lebih lama berada di lintasan, dan jumlah pergantian ban di pitstop semakin sedikit.  “Rasanya kita akan melihat sejumlah balapan, dimana tim  hanya menggunakan strategi satu kali pitstop,” ungkap Kepala Balapan Pirelli, Paul Hembrey.

Aerodinamika
Dengan perubahan bodi yang melebar, bagian sayap depan juga ikut terevisi ukurannya. Dari hanya 1.650 mm bertambah menjadi 1.800 mm. Kemudian sayap belakang juga menjadi lebih lebar namun posisinya lebih rendah, membuat mobil balap jadi tampilannya semakin agresif.
Ukuran mobil semakin besar, panjang dan lebih berat. Berat mobil F1 musim ini 20 kg lebih berat dibandingkan musim lalu.

Bahan Bakar
Konsumsi bahan bakar di mobil F1 naik 5 kg menjadi 105 kg. Ini dikarenakan pemakaian bahan bakar menjadi agak boros karena mobil mendapat kelebihan di daya cengkeram.

Juara F1
Di musim balapan kali ini, kita juga tak akan melihat sang juara bertahan alias juara dunia musim lalu. Itu dikarenakan Nico Rosberg memutuskan pensiun dari F1 usai dinobatkan jadi juara 2016.
Kondisi ini sama seperti pada musim 1994, saat Alain Prost menjadi juara dunia keempat kalinya, kemudian memutuskan pensiun.
Selain Rosberg, Jenson Button juara dunia 2009 juga memutuskan pensiun.
Namun F1 tetap menarik, karena masih ada empat juara dunia berlaga musim ini. Mereka adalah Lewis Hamilton, Sebastian Vettel (Ferrari) juara dunia empat kali, Kimi Raikkonen (Ferrari) juara dunia 2007 dan juara dunia dua kali Fernando Alonso (McLaren).
Tim F1
Kini di arena balap F1 hanya diikuti 10 tim dengan 20 pembalap, menyusul mundurnya tim Manor.
Tim kedua Red Bull, Toro Rosso telah menghentikan pasokan mesin Ferrari dan berganti ke Renault seperti tim Red Bull.
Seri Balapan
Musim 2017 balapan berlangsung sebanyak 20 kali, satu kali lebih sedikit dibanding musim lalu.
Pembalap Baru
Musim ini F1 kehilangan Button, Rosberg, Felipe Nasr dan Esteban Gutierez. Namun muncul wajah baru yakni pembalap Belgia Stoffel Vandoorne di McLaren dan pembalap 18 tahun asal Kanada Lance Stroll di tim Williams.
Dari komposisi pembalap, Valtteri Bostas bergabung ke tim Mercedes, Esteban Ocon di tim Force India, Pascal Wehrlein di Sauber, Kevin Magnussen di tim Haas, dan Nico Hulkenberg bergabung di tim Renault. [Berbagai Sumber/L-9]
Setiap tim yang mengikuti balap F1 mempunyai spesifikasi mobil dan mesin yang berbeda-beda. Contohnya dari Tim Ferrari dan Tim Mercedes AMG. Perbedaannya mencakup segala hal seperti chassis mesin dan aerodinamika, setiap tim balap dan pengemudinya mempunyai karakteristiknya sendiri yang tidak bisa disamakan dengan pembalap dan tim lainnya.
TOP

Tim Ferrari


  Sumber: www.f1fanatic.co.uk
Saat musim balap 2016 akan dimulai tim berlogo kuda jingkrak ini mengumumkan spesifikasi mobil terbarunya yang diberi nama Scuderia Ferrari 2016 atau disingkat sengan SF16-H. H sendiri adalah singkatan dari Hybrid. Ya, karena mesin Formula 1 sudang mengusung teknologi Hybird selain menggunakan bahan bakar berkonfigurasi V6 1600 cc ditambah dengan motor listrik dan ECU.

Tim Ferrari musim ini mengemban misi cukup berat. Pasalnya musim ini tim Ferrari diharuskan untuk merebut tahta juara bertahan yaitu tim Mercedes AMG. Tim Ferrari yang dikemudikan oleh Kimi Raikkonen saat ini menempati posisi ke 4 pada klasemen sementara musim 2016, sementara Nico Rosberg yang mengendarai mesin balap dari tim Mercedes AMG menempati posisi 1 pada klasemen sementara dengan total poin 288 pada musim ini.
TOP

Detail Spesifikasi Ferrari 2016 SF16-H


  Sumber: i0.wp.com

Ferrari SF16-H mengusung Chassis Carbon-fibre and Honeycomb Composite Structure, dengan menggunakan Velg 13 Inch OZ Wheels. Velg ini cukup dikenal di dunia balap termasuk dalam MotoGP dan digunakan oleh Dani Pedrosa dari tim Repsol Honda.

Dengan menggunakan Motor Generator Unit-Kinetic (MGU-K) 1600 cc V6 DOHC 24 klep single turbo, mesin ini mampu mencapai maksimal kecepatan putaran mesin mencapai 15.000 Rpm. Mesin ini juga disematkan 8 speed dengan 1 reverse. Bobot kotor mobil ini mencapai 702 kg setelah perhitungan gabungan antara bobot bersih kendaraan ditambah bobot air radiator, bobot oli, serta bobot pengendara mobil tersebut.

Mobil ini dikerjakan selama 250.000 jam jika dikerjakan oleh satu orang. Namun mobil ini dikerjakan oleh 700 orang, jadi 250.000 manufacturing working hours dibagi 700 orang. Mobil ini memiliki 300 pemasok komponen balap F1 dari 15 negara. Mobil ini juga telah melewati uji coba di wind tunnel selama 1500 jam.
TOP

Ferrari 312 T

Ferrari 312 T, mempersembahkan tiga titel pebalap dan empat gelar konstruktor buat Ferrari pada 1975-1979. (drive.com.au)

Ferrari 312 T

Ferrari memperkenalkan 312 T pada 1975 setelah puasa gelar di F1 selama satu dekade dalam rentang 1965-1974. Mobil tersebut didesain oleh Mauro Forghieri.

Pada musim debutnya, 312 T langsung memberikan gelar konstruktor dan pebalap lewat Niki Lauda. Lauda kembali jadi juara dunia pada 1977. Duet Lauda dan Clay Regezzoni total mempersembahkan tiga titel konstruktor secara beruntun buat Ferrari pada 1975-1977.

Jody Sheckter mengikuti jejak Lauda dengan menyumbang titel pebalap buat Ferrari pada 1979. Bersama Gilles Villeneuve, Sheckter juga membawa Ferrari merebut titel konstruktor.

Statistik Ferrari 312 T:

Balapan: 90
Menang: 27
Podium: 61
Pole: 19
Fastest lap: 25
Titel pebalap: 3
Titel konstruktor: 4
2 dari 5 halaman

Ferrari Tipo 500

Ferrari Tipo 500, mobil Tim Kuda Jingkrak untuk F1 1952 dan 1953. (drive.com.au)

Ferrari Tipo 500

Ferrari Tipo 500 merupakan mobil F2 yang didesain oleh Aurelio Lampredi dan digunakan oleh Ferrari untuk F1 1952 dan 1953. Pada dua musim tersebut, F1 memakai mobil F2 setelah Alfa Romeo mundur dari lomba jet darat.

Ferrari Tipo 500 membawa Ferrari mendominasi F1. Alberto Ascari memenangi hampir seluruh balapan musim 1952 dan menjadi juara dunia.

Ascari kembali tampil dominan pada 1953, termasuk dengan mencatat tujuh kemenangan beruntun. Rekor tersebut akhirnya dipecahkan oleh Sebastian Vettel pada 2013.

Statistik Ferrari Tipo 500:

Balapan: 19
Menang: 14
Pole: 13
Fastest lap: 12
Titel pebalap: 2
3 dari 5 halaman

Ferrari F2002

Ferrari F2002, membawa Michael Schumacher meraih dua gelar juara dunia F1 pada 2002 dan 2003. (drive.com.au)

Ferrari F2002

Ferrari F2002 merupakan salah satu mobil F1 terbaik milik Tim Kuda Jingkrak. Jet darat tersebut didesain oleh Ross Brawn, Rory Byrne, dan Paolo Martinelli.

F2002 membawa Ferrari mendominasi F1 dengan memenangi 15 dari 19 balapan pada 2002 dan 2003. Jet darat tersebut juga mempersembahkan dua titel konstruktor dan dua gelar pebalap lewat Michael Schumacher.

Statistik Ferrari F2002:

Balapan: 19
Menang: 15
Podium: 28
Pole: 11
Fastest lap: 15
Titel pebalap: 2
Titel konstruktor: 2
4 dari 5 halaman

Ferrari F2004

Ferrari F2004, disebut-sebut sebagai salah satu mobil F1 terbaik sepanjang masa. (drive.com.au)

Ferrari F2004

F2004 merupakan mobil ke-50 Ferrari di F1. Jet darat yang didesain Rory Byrne, Ross Brawn, dan Aldo Costa untuk musim 2004 itu disebut-sebut sebagai salah satu mobil F1 terbaik sepanjang masa.

F2004 memenangi 15 dari total 18 balapan pada musim 2004 di tangan Michael Schumacher dan Rubens Barrichello. Ferrari meraih titel keenam beruntun dan Schumacher merebut gelar juara dunia ketujuh.

F2004 juga mencetak rekor fastest lap di sembilan sirkuit, yaitu Melbourne (Australia), Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Italia), Monako, Nurburgring (Jerman), Gilles Villeneuve (Kanada), Magny-Course (Prancis), Hungaroring (Hungaria), Monza (Italia), dan Shanghai (China). Rekor tersebut masih bertahan sampai saat ini.

Statistik Ferrari F2004:

Balapan: 20
Menang: 15
Podium: 30
Pole: 12
Fastest lap: 14
Titel pebalap: 1
Titel konstruktor: 1

Tim Mercedes AMG


  Sumber: www.formula1.com
Tim Mercedes AMG adalah tim juara bertahan selama dua tahun berturut-turut yang dikemudikan oleh dua pembalap handal yaitu Lewis Hamilton yang saat ini menempati posisi 2 di bawah rekan satu timnya Nico Rosberg yang menempati posisi 1 di musim balap 2016. Tim Mercedes AMG juga harus berusaha keras untuk mempertahankan gelar juara bertahan tim selama dua tahun berturut-turut.

Jet darat milik tim Mercedes AMG ini diberi nama Mercedes F1 W05 Hybrid.
TOP

Mercedes F1 W05 Hybrid


  Sumber: assets.otomotifnet.com

Dapur pacu Mercedes F1 W05 Hybird ini memiliki kapasitas mesin 1,6 liter yang dipadukan dengan turbocharger dan motor listrik. Apabila disatukan, mesin V6 dan motor listrik ini dapat menghasilkan tenaga 850 HP pada putaran 15.000 Rpm dan mencapai torsi maksimum 495 N pada 11.500 Rpm. Mesin yang sama yang digunakan oleh tim Manor Racing team dan tim Williams Mercedes.

Chassis Mercedes F1 W05 Hybrid menggunakan Moulded Carbon Fibre and Honneycomb Composite Structure. Suspensi yang digunakan untuk mobil ini sudah menggunakan suspensi yang terbuat dari karbon fiber dan diproduksi sendiri oleh Mercedes AMG. Di sektor pengereman tim ini mempercayakannya kepada rem lansiran Brembo.


  Sumber: 1.bp.blogspot.com

TOP

Tim Manor Racing


  Sumber: adn.gpupdate.net

Tim yang pada bulan Oktober tahun lalu memberikan kesempatan pertama pada pembalap Nusantara yaitu Rio Haryanto untuk berkompetisi di ajang Formula 1 ini ternyata juga menggunakan mesin yang sama dengan mesin tim Mercedes AMG.

Tim ini mengkonfirmasikan menggunakan mesin Mercedes AMG PU106C Hybird. Hal ini merupakan suatu kemajuan besar dari tim balap F1 yang dinaungi oleh Rio Haryanto. Pasalnya mesin ini mampu mengantarkan Lewis Hamilton dari tim Mercedes AMG menjadi juara dunia dua tahun berturut-turut.

Mobil balap Manor Racing Team ini memberikan nama Manor MRT05. Meskipun mesin mobil antara Manor Racing Team dan Mercedes AMG serupa, namun ada beberapa bagian yang lain yang berbeda antara keduanya.
TOP

Manor MRT05


  Sumber: static.gatra.com
Dapur pacu mobil Manor Racing Team memiliki spesifikasi sama persis dengan Mercedes F1 W05. Bedanya pada Manor MRT05 menggunakan bahan bakar Petronas Primax dan pelumas Petronas Syntium & Tutela.

Chassis mobil MRT05 mengandalkan chassis yang dibuat sendiri yang diberi nama Manor Racing Moulded Composite with Aluminium Honeycomb Core. Disertai oleh suspensi dari tim Williams dan menggunakan gearbox juga dari tim Williams. Pada sistem pengereman, tim Manor mengandalkan rem produksi AP Racing.

Sumber:https://camargus.com/magazine/203, http://sp.beritasatu.com/home/ini-dia-yang-baru-di-balap-mobil-formula-1- dan sumber lainnya

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

1001 Cara dan Tips Updated at: 09:20
loading...